6 Ide Packaging Makanan yang Menarik Pelanggan

Packaging makanan yang menarik perhatian pelanggan – Banyak sekali makanan yang terdapat di Indosia, bahkan sudah ada wisata kuliner yang memang di khususkan sebagai tempat kuliner-kuliner mulai dari jajan tradisional hingga modern. Jika membicarakan makanan memang tidak akan jauh dengan packaging dan cara mengemasnya.

Packaging sendiri sangat bermacam-macam dan bervariasi dari bahan, jenis dan manfaatnya. Oleh karena itu, kamu wajib banget tahu jenis packaging mana yang cocok dengan produk makanan yang akan kamu jual. Pasalnya tidak semua kemasan akan cocok dengan produk makanan, ada beberapa syarat yang harus terpenuhi dalam memilih kemasan untuk produk kuliner.

Baca juga : Tips membuat kemasan produk yang menarik untuk UMKM

 

Kamu gak perlu bingung, cukup Simak artikel ini sampai selesai agar kamu tidak salah dalam memilih jenis kemasan yang cocok untuk kamu.

 

Packaging Makanan

Packaging merupakan produk yang digunakan untuk mengemas, melindungi, menyimpan, dan membuat ciri khas pada produk makanan. Secara umum, packaging makanan adalah sebuah wadah yang membungkus produk makanan.

 

Kemasan menjadi penting karena inilah titik pertemuan pertama antara produk kamu dan calon konsumen. Pastinya kamu pernah menemuinya sehari-hari. Seperti kemasan untuk snack, roti, hingga kuliner berat seperti ayam bakar, martabak, bahkan makanan berkuah.

Baca juga : Keunggulan packaging hardbox

 

Manfaat Packaging Makanan

 

  1. Melindungi Makanan

Manfaat paling utama dari sebuah kemasan adalah melindungi kualitas makanan agar sampai ketangan konsumen dengan selamat, aman, dan terhindar dari segala sesuatu yang membahayakan. Memilih jenis packaging yang sesuai bahkan bisa membantu membuat makanan tidak mudah busuk.

 

  1. Menjadi Daya Tarik Konsumen

Packaging kreatif dapat menambah value produk kamu secara drastis. Faktanya, konsumen lebih memilih kemasan yang unik dan menarik dibangingkan dengan kemasan yang biasa-biasa saja.

 

  1. Sebagai Ciri khas brand

Dengan adanya packaging, hal ini membuat konsumen tidak kesulitan dalam mengenali produk kamu. terlebih jika produk yang kamu jual sangat banyak di pasaran. Kemasan bisa memperkuat image pada brand yang diusung dan membuat produk lebih eksklusif.

 

  1. Kepercayaan Pelanggan Meningkat

Maanfaat kemasan yang terakhir adalah meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap produk. Ketika rasa percaya pelanggan sudah tinggi, keputusan pembelian akan semakin mudah. Bahkan pelanggan tidak akan sungkan untuk merekomendasikan produk yang dia beli kepada kerabat dan keluarganya.

Baca juga : 5 Jenis kemasan ramah lingkungan

 

Rekomendasi Ide Packaging Makanan yang Menarik Minat Pelanggan

 

Ide kemasan makanan basah

Pertama kita akan membahas ide kemasan untuk makanan basah. Makanan ini bisa dalam bentuk makanan berkuah, roti, dan lainnya. makanan ini mempunyai kelembapan cukup tinggi sehingga memerlukan kemasan khusus.

  1. Box karton

Kemasan ini bisa kamu pakai untuk makanan basah seperti roti, donat, dan kue. Kemasan ini sangat cocok buat kamu pelaku usaha kuliner yang ingin upgrade kemasan. Karena, box karton bisa kamu pesan dengan bentuk, ukuran dan juga desain yang beragam. Tak hanya itu, kamu bisa pakai kemasan ini untuk ajang promosi dengan mencantumkan berbagai informasi penting didalamnya.

Jasa cetak kemasan roti unyil di Indostar

  1. Paper bowl

Kalau produk yang kamu jual seperti bakso, sup, dan soto. Kemasan paper bowl bisa jadi pilihannya. Kemasan ini memiliki ketahanan terhadap kebocoran sehingga air yang ada didalam tidak akan tumpah. Meskipun Bernama paper, tetapi kemasan ini memili lapisan plastik yang tidak menyerap air.

 

Kamu bisa kreasikan desain pada kemasan ini, agar pelanggan lebih tertarik dan mudah dalam mengingat brand kamu.

 

  1. Box kaca

Selanjutnya, makanan basah seperti pudding, macaroni, salad, kari ayam, bisa dikemas dengan menggunakan box kaca. Saat kamu menggunakan kemasan ini nilai dan value produk kamu akan ikut naik kesan yang ditimbulkan adalah mewah dan higienis.

 

  1. Ziplock

Pada umumnya, kemasan ini bisa digunakan sebagai kemasan keripik, kukis, abon kering, bubuk bumbu, dan lain sebagainya. Kemasan jenis ini sangat memudahkan pembeli untuk menyimpan produk makanan tanpa harus memindahkannya ke kemasan yang lain.

 

  1. Toples plastik

Selain berbahan kaca, kemasan dengan bahan plastik juga bisa kamu gunakan. Kemasan ini bisa kamu pakai untuk makanan seperti keripik, kerupuk, permen, kue kering. Kemasan ini termasuk aman dari benturan sehingga tidak mudah pecah dan memberikan kesan yang elegan.

 

  1. Kaleng

Pilihan terakhir yang bisa kamu pakai adalah kemasan jenis kaleng. Umumnya kemasan ini dipakai untuk kue roll, biscuit, kue kering, dan masih banyak lagi. Kemasan ini bisa kamu desain sebagus mungkin dan bisa kamu buat timbul agar menambah kesan mewah. Kemasan ini cukup kedap udara, sehingga membuat makanan yang berada di dalam menjadi awet dan tidak mudah lembab.

 

Itulah dia 6 ide packaging makanan menarik minat pelanggan yang bisa kamu pakai. Dengan ini, produk yang kamu jual akan memiliki nilai lebih dimata pelanggan.

 

Ingin upgrade kemasan? Indostar printing solusinya, untuk kamu yang belum mempunyai desain jangan khawatir! Kami berikan gratis desain dan konsultasi. Hubungi admin kami melalui whatsapp berikut 0811-1111-5757.