Apa bedanya packing dengan packaging dalam Industri

Apa bedanya packing dan packaging?

Istilah packing dan packaging pasti sering kamu dengar, namun apakah sebenarnya perbedaan dari packing dan packaging dalam dunia industri. Banyak orang yang mungkin tidak menyadari bahwa kedua istilah ini mengarah ke hal yang berbeda.

jasa cetak kemasan softbox costum indostar
jasa cetak kemasan softbox custom indostar
Pengertian Packing

Packing dalam Bahasa Indonesia bisa di artikan sebagai “pengepakan” yang dalam artian material atau bahan yang di gunakan untuk membungkus atau melapisi produk dengan fungsi melindungi produk dari gangguan luar seperti debu atau udara luar. Selain itu, packing juga berfungsi untuk memudahkan mobilitas barang seperti untuk dibawa konsumen atau memudahkan transportasi.

baca juga : apa kegunaan packaging dan fungsinya

 

Fungsi dari packing adalah :
  1. Untuk melindungi produk dari gangguan lingkungan luar
  2. Memudahkan dalam proses tranportasi
  3. Memastikan barang sampai ke tangan konsumen dengan selamat

 

Pengertian Packaging

Packaging atau dapat diartikan sebagai “pengemasan” atau diartikan sebagai material dengan serangkaian kegiatan meliputi proses desain seperti pembentukan, pewarnaan, hingga labeling untuk kebutuhan marketing produk dengan tujuan menguatkan daya saing serta penjualan.

 

Fungsi dari packaging adalah :
  1. Sebagai sarana brand awareness suatu produk
  2. Media informasi penting pada produk
  3. Meningkatkan daya saing
  4. Meningkatkan penjualan

Packaging merupakan salah satu hal penting dalam penjualan, karena hal ini yang pertama kali dilihat oleh pelanggan. Packaging merupakan silent salesman karena kemampuannya untuk mengiklankan produk dengan mengidentifikasi brand, mengkomunikasikan informasi, hingga membantu penyimpanan di rumah para pelanggan setelah pembelian.

baca juga : rekomendasi kemasan paling menarik kekinian

 

Penggunaan Bahan Packing dan Packaging

Penggunaan bahan packing biasanya mengacu pada fungsi yang esensial sesuai dengan fungsi utamanya yaitu perlindungan produk, bahan yang di gunakan pada packing bisa berupa bahan box kardus, kayu, kaleng, atau plastic seperti buble warp atau stretch film.

 

Sementara bahan yang di gunakan pada packaging biasanya menggunakan bahan fleksibel yang nantinya bisa di bentuk dan di desain sedemikian rupa seperti plastic serta bahan baku kertas.

 

Tampilan kemasan

Jika dilihat dari tampilan kemasannya, bisa dilihat bahwa packing dan packaging sangatlah berbeda. Karena perbedaan tujuan pengemasan, tampilan packing biasanya dibuat berlapis-lapis dan tidak memperhatikan nilai estetik dari pengemasan. Karena memang poin utama dari packing adalah keamanan.

 

Sedangkan, packaging sangat memperhatikan tampilan dari kemasan. Biasanya, packaging di buat dengan desain khusus yang di sesuaikan dengan karekter produk. Desain ini juga akan mempertimbangkan keamanan dan keawetan penyimpanan produk.

 

Namun, karena packaging akan menjadi kemasan yang pertama kali di lihat oleh publik. Maka, desain packaging lebih menitik beratkan ke nilai estetik yang sesuai dengan produk.

 

Itulah bedanya packing dan packaging yang wajib kamu tahu! Walaupun sekilas keduanya sama dan merujuk ke kemasan. Namun, ternyata ada beberapa aspek yang berbeda dari keduanya.

 

Ingin cetak kemasan produk? Indostar printing solusinya. Indostar melayani cetak kemasan mulai dari proses desain hingga pengiriman untuk seluruh Indonesia! Jadi buat kamu yang jauh dari workshop kami ngga perlu khawatir. Cukup hubungi admin kami melalui whatsapp berikut 0811-1111-5757 kamu tinggal menunggu hingga kemasan di antar ke rumahmu.

1 komentar untuk “Apa bedanya packing dengan packaging dalam Industri”

  1. Pingback: 5 Hal yang wajib pada label kemasan - Percetakan INDOSTAR Bekasi (021) 8896-1945

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *