Cara merawat buku

Cara Merawat Buku Agar Awet dan tidak Mudah Rusak

Jika kalian senang membaca buku ada baiknya kalian mengetahui bagaimana cara untuk merawat buku kalian agar tetap bagus dan awet dalam jangka waktu yang lama agar kalian dapat membacanya kembali suatu saat nanti.

Terutama jika kalian senang mengoleksi Buku-buku, sayang sekali jika buku-buku tersebut dibiarkan tanpa perawatan. Karena bisa saja buku-buku tersebut rusak, berdebu, dimakan rayap, dan halamannya terlepas.

Cara-cara berikut ini dapat kalian lakukan untuk menjaga kondisi buku kalian tetap awet dan bagus :

  1. Lapisi buku dengan sampul plastik.

Sampul plastik pada buku dapat melindungi buku kalian dari segala sesuatu yang dapat merusak buku seperti debu dan tumpahan air. Sampul plastik juga dapat mencegah terkelupasnya cover bagian depan dan belakang pada buku.

Kalian dapat memilih berbagai bahan dan tekstur plastik yang kalian suka agar kalian tidak terganggu dengan keberadaan sampul plastik tersebut.

  1. Rutin Membersihkan Buku.

Untuk menjaga buku tetap bersih dari debu, jamur, dan segala hal lainnya. Kalian harus membersihkannya secara rutin, demi kebersihan yang maksimal kalian dapat membersihkannya setiap 2 pekan sekali. Cara pembersihannya pun cukup mudah, kalian dapat menggunakan lap kering dan kemoceng untuk membersihkan debu dan tisu basah untuk debu / noda yang membandel.

  1. Memperhatikan tempat penyimpanan buku.

Kalian dapat memilih tempat yang kering serta terdapat sirkulasi udara untuk menyimpan buku. jika Tempat penyimpanan lembab maka akan ditumbuhi jamur dengan cepat dan lembaran kertasnya juga akan menempel.

  1. Memperhatikan posisi penyimpanan buku.

Posisi buku berdiri adalah posisi terbaik untuk menyimpan buku, karena dengan posisi tersebut buku akan mendapat sirkulasi udara. Hindarilah menyimpan buku dengan cara menumpuk buku-buku, karena jika ditumpuk buku tidak mendapat sirkulasi udara dan akan menyebabkan jamuran dan menempelnya lembaran buku tersebut.

  1. Memberi kapur barus (kamper) pada tempat penyimpanan buku.

Langkah terakir untuk menjaga buku kalian tetap awet adalah dengan memberi kapur barus (kamper) pada tempat penyimpanan buku. Kapur barus berguna untuk melindungi buku dari serangan rayap serta serangga penyerang lainnya.

Kalian juga dapat menggunakan bulir penyerap air (silica gel) atau serap air (water absorber) jika kondisi udara sekitar lembab.

 

Itulah beberapa cara untuk merawat buku agar tetap awet dan tidak mudah rusak.
Demikian pembahasan mengenai cara untuk merawat buku. Semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembacanya.

 

Jika kalian ingin mencetak buku dengan kualitas terbaik dan tidak mudah rusak, kalian bisa datang ke PERCETAKAN INDOSTAR.
Percetakan Indostar Bekasi yang sudah 27 Tahun berpengalaman dalam dunia percetakan buku.

1 komentar untuk “Cara merawat buku”

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.