Jenis Kemasan Makanan yang Aman Digunakan

Saat memulai usaha dibidang kuliner/makanan, sahabat perlu perhatikan akan memakai kemasan dengan bahan jenis apa. Ada banyak material kemasan yang sangat cocok untuk digunakan di banyak produk yang terdapat di pasar. Namun, apakah produk kita cocok dengan bahan tersebut. Kira- kira seperti apa bahan kemasan yang tepat untuk produk kamu?

cetak box kemasan kue

Untuk dapat memilih jenis kemasan yang aman dan sesuai dengan makanan yang akan disimpan atau dikonsumsi maka kita perlu tahu terlebih dahulu jenis bahannya. Kalau tidak menyesuaikan jenis bahan kemasan dengan isi makanan, bisa jadi rasa, bentuk, dan kualitasnya bisa berubah.

 

Berikut 3 Bahan Kemasan yang sesuai dan aman untuk produk sahabat
1. Plastik

Kemasan plastik jadi salah satu bahan baku yang paling banyak dipakai dalam produksi kemasan. Hal ini karena material plastik bisa didapat dengan mudah dan dijual dengan harga yang cukup ramah.

 

Plastik terdiri dari banyak jenis dan kategori yang bisa sahabat pilih, namun untuk produk makanan biasanya menggunakan jenis PET, HDPE, PVC, LDPE, PP, dan PS,

 

Bahan plastik sangat cocok untuk produk snack, minuman, bumbu dapur, kecap, sambal, biscuit, mainan, cairan, dan hampir semua produk lain.

2. Kayu

Kayu merupakan bahan baku pembuatan kertas dan kardus yang biasa digunakan sebagai kemasan makanan. Kertas termasuk sebagai material yang sangat murah, ringan, dan mudah di produksi. Namun kertas sangat sensitive terhadap kelembaban dan sangat rapuh. Berbeda jika kertas tersebut telah menjadi karton ataupun kardus.

 

Biasanya karton terdapat pada kemasan berbentuk kotak seperti sereal, biscuit,dan lainnya. Karton memiliki daya tahan yang kuat dan bahan yang dapat di daur ulang. Kini karton dan kardus menjadi salah satu bahan yang paling banyak di gunakan sebagai kemasan makanan. Bahan dengan jenis ini telah memberikan perhatian khusus terhadap masalah yang berkaitan dengan kesehatan lingkungan.

3. Logam (Baja, Timah, & Aluminium)

Kemasan yang terbuat dari logam  memiliki kelebihan dalam proses pengawetan. Jenis bahan ini sangat cocok untuk makanan dan minuman kaleng, terutama yang sensitive terhadap cahaya. Kaleng yang terbuat dari lembaran baja biasanya dilapisi dengan timah sebagai perlindungan terhadap korosi baja. Terutama bila mengandung produk dengan pH yang rendah. Namun, kini alumunium semakin banyak digunakan untuk membuat kaleng karena bahannya ringan, harganya murah dan dapat didaur ulang.

 

Tidak hanya berfungsi sebagai kemasan, bahan ini juga sebagai nilai tambah dan keamanan untuk produk yang sahabat jual.  Kenapa kemasan menjadi penting? Karena kemasan tidak hanya menjadi pelindung bagi produk sahabat, namun juga menjadi kesan pertama untuk calon customer sahabat. Cek inspirasi packaging untuk tingkatkan value produk kamu.

 

Ingin membuat kesan terbaik dengan kemasan untuk produk kamu? Konsultasikan segera dengan Indostar sebagai penyedia kemasan/packaging custom terbaik dan amanah. Hubungi sekarang dan dapatkan penawaran menarik!

Indostar Printing Bekasi
Mau Cetak Kemasan atau Hardbox dengan kualitas terbaik?!
Indostar Book and Packaging Spesialist Solusinya
Hasilnya bikin sahabat ketagihan cetak di Indostar

Percetakan Indostar
Think Printing, Think Us !

info lengkap kunjungi :
www.Percetakandibekasi.com

Indostar
Jl. Letnan Marsaid No. 6
Kelurahan Margajaya
Kecamatan Bekasi Selatan
Kota Bekasi 17141
Dekat Stasiun Bekasi

Mager?Order dari rumah juga bisa kok,cukup hubungi marketing kami via wa :
Langsung Owner 
https://wa.me/6281111115757

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *