KESALAHAN DALAM MENCETAK BUKU, PEMULA WAJIB TAHU

Mencetak buku bukanlah perkara yang mudah, tak jarang orang yang pertama kali mencetak buku mengalami kegagalan dalam mencetak karena berbagai faktor. Jika kamu ingin mencetak buku dengan baik dan benar. Kamu perlu simak artikel berikut sampai selesai agar tidak salah.

Baca juga : 5 Hal penting yang harus kamu tahu sebelum mulai mencetak buku sendiri

 

Berikut 3 Kesalahan dalam mencetak buku yang biasa di lakukan pemula.

  1. Missing Font

Missing font adalah masalah yang paling sering terjadi, terlebih yang menggunakan purna rupa font dalam penulisan buku. Jika kamu lupa embedded pada file PDF-nya, maka yang terjadi tidak semua jenis Font dapat tercetak.

 

Meski dalam file PDF terlihat pas dan aman, namun ketika dicetak font ini bisa hilang, di karenakan font yang kamu pakai tidak tersedia pada computer jasa cetak tersebut. Oleh karena itu, pastikan font tersebut sudah ter-embed pada file kamu.

 

  1. Warna Kurang Pas

Masalah warna sering terjadi karena perbedaan tekstur kertas, hal ini menyebabkan perbedaan daya serap tintanya.

 

Sebagai contoh kertas book paper dan HVS. Warnanya sama tapi karena daya serap tintanya berbeda, hasilnya pun akan berbeda. Jangan harap kertas book paper akan lebih pekat warnanya di banding HVS, kecuali kamu memakai print laser. karena print laser tintanya menempel di kertas bukan menyerap.

 

  1. Dateline Mepet

Membuat buku tidak semudah membalikan telapak tanngan. Dalam mencetak buku harus melalui beberapa tahapan agar kualitas buku yang di cetak bagus. Hal ini bisa memakan waktu 3 – 7 hari bahkan lebih tergantung kuantitas buku yang kamu cetak.

 

Biasanya, saat dateline buku sudah mepet. Barulah kita mencari percetakan buku, hal ini yang bisa menyebabkan kurangnya kualitas buku yang di cetak.

 

Baca juga : Jenis kertas yang biasa digunakan untuk isi buku

 

Kesimpulan

Mencetak buku bisa menjadi salah jika kamu tidak memperhatikan embed font pada file, tidak meperhatikan jenis kertas yang akan di pakai, dan dateline waktu cetak. Semua permasalahan di atas biasanya dialami oleh orang yang baru pertama kali cetak buku. Tapi kamu gak perlu khawatir lagi. Karena kamu sudah tau hal-hal yang harus diperhatikan.

 

Jika kamu sedang mencari percetakan buku berkualitas, kamu sudah berada di website yang tepat. Indostar menyediakan jasa cetak berbagai jenis buku seperti buku novel, buku agenda, buku penghubung, notebook, buku yasin, buku tahunan, buku sekolah.

 

Pertama kali cetak? Tenang di Indostar kamu akan di bantu mulai dari proses layout hingga desain jadi kamu tidak perlu lagi khawatir tentang kesalahan seperti di atas. Kamu bisa hubungi marketing Indostar di sini untuk konsultasi lebih lanjut yah!