Tips Desain Kemasan yang unik dan menarik

Tips Mendesain Kemasan Produk yang Unik dan Menarik

 

 

Kemasan Produk adalah wajah pertama yang dilihat konsumen ketika ingin membeli suatu produk. Dengan desain yang menarik serta kreatif tentunya akan bisa menambah daya tarik konsumen untuk membelinya. Apalagi  jika desainnya unik, konsumen akan menyimpan kemasan tersebut dan tidak ingin membuangnya.

Kemasan yang menarik juga dapat membuat konsumen akan mempromosikan produk kalian dengan membagikannya di akun social media mereka. Selain itu, kemasan yang menarik juga akan menjadi identitas atas nilai jual produk itu sendiri.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk mendesain kemasan produk :

1. Menentukan konsep desain yang sesuai dengan target pemasaran

 

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengetahui kepada siapa produk akan dijual. Dengan memahami target pemasaran maka kalian akan mudah untuk mendesain kemasan sesuai selera konsumen kalian. Contoh, jika target adalah anak muda maka cocok untuk menggunakan konsep yang modern serta abstrak, namun jika target adalah orangtua maka konsepnya harus lebih jelas dan minimalis.

2. Memilih bentuk yang cocok dengan produk

 

Langkah selanjutnya adalah menentukan bentuk kemasan yang akan kalian gunakan untuk produk kalian. Ada beragam bentuk kemasan, mulai dari persegi, tabung, kotak, dan bentuk unik lainnya. Gunakanlah bentuk yang cocok dengan produk kalian, karena bentuk suatu kemasan merupakan faktor yang mempengaruhi daya tarik konsumen.

3. Memilih Warna Yang Tepat

 

Warna merupakan elemen yang tak kalah penting untuk meningkatkan daya tarik konsumen. Pemilihan warna yang tepat dapat meningkatkan nilai estetika dari kemasan tersebut. Tips untuk memilih warna kemasan adalah dengan mempertimbangkan dari prespektif konsumen, maka dari itu ada baiknya jika kalian mengetahui target pemasaran kalian.

4. Menunjukan Nama Brand/Merek Produk Secara Jelas

 

Cara ini juga merupakan cara yang efektif untuk meningkatkan daya tarik, karena kebanyakan dari konsumen akan membeli suatu produk jika mereka mengetahui produk siapa yang mereka beli. Maka ada baiknya jika kalian menampilkan nama merek dan logo brand kalian pada kemasan produk, karena hal tersebut merupakan strategi pencitraan brand yang baik.

5. Menggunakan Kalimat Sederhana

 

Untuk menambah daya tarik suatu kemasan alangkah baiknya jika menggunakan gaya bahasa yang sederhana namun dapat menginterpretasikan sebuah produk. Dan hindarilah penggunaan kata yang sekiranya tidak penting atau bahkan justru merusak kemenarikan suatu kemasan.

 

Itulah beberapa tips untuk mendesain kemasan yang menarik serta unik.
Demikian pembahasan mengenai tips mendesain kemasan produk. Semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembacanya.
jika kalian mengalami kesulitan dalam mendesain kemasan produk kalian, serahkan atau konsultasikan saja kepada Percetakan Indostar Bekasi yang sudah 27 Tahun berpengalaman dalam dunia percetakan dan desain, terutama pada Desain kemasan produk

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.