4 Teknik Penjilidan Buku Yang Sering Di Gunakan

4 Teknik Penjilidan di Percetakan

 

 

Sesuai judul pada artikel kali ini percetakan indostar akan membahas 4 teknik penjilidan yang harus kamu ketahui. Selain berfungsi sebagai menyatukan/menggabungkan beberapa kertas atau dokumen penjilidan juga berfungsi sebagai menjaga kerapihan kertas atau dokumen.

 

  1. Jahit Benang

 

Teknik Penjilidan satu ini menggunakan benang yang biasa di gunakan untuk cetak buku hard cover. Jumlah halamannya menyesuaikan gramatur kertas yang di gunakan. Semakin besar gramatur nya semakin sedikit jumlah halman yang di jahit.

 

  1. Jahit Kawat

 

 

Teknik jilid jahit kawat biasa di gunakan untuk menjilid buku ataupun dokumen dengan ketebalan yang tipis, contohnya buku tulis. Dokumen yang di cetak dengan menggunakan teknik jilid kawat pada bagian tengah harus mempunyai kelipatan empat, jika tidak maka ada halaman yng kosong. Karena kertas pada buku itu di lipat menjadi dua bagian lalu di jilid kawat di bagian tengahnya

  1. Lem Panas

 

Teknik jilid lem panas sering di gunakan untuk cara menjilid buku yang tebal. Kelebihan teknik jilid lem panas lebih kuat di banding teknik penjilidan yang lain.

  1. Spiral

 

 

 

Teknik penjilidan spiral merupakan jenis jilid buku dengan teknik melubangi kertas pada satu sisi, lalu menggunakan kawat atau plastik spiral untuk menyatukan buku.

 

 itu dia sobat indostar beberapa teknik penjilidan. jika kalian mau cetak kalender, buku, majalah, kemasan dan lain – lain. di Percetakan Indostar anda dapat mencetak sesuai yang kalian inginkan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *